ads header

Breaking News

Orari Lokal Bone dan Kwartir Cabang Bone Laksanakan Pra Jota Joti

 




wartapramuka.com | BONE, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bone menyelenggarakan kegiatan Pra Jambore On The Air dan Jambore On The Internet/ Jota Joti Tahun 2024, Minggu (13/10/2024). Kegiatan Pra Jota Joti diselenggarakan di Gedung Pemuda Jalan Kawerang Kelurahan Manurungnge Kec. Tanete Riattang Kab. Bone (Sulawesi Selatan).


Hadir dalam kegiatan tersebut Dr. H. Fahsar M. Padjalangi, selaku Ketua Orari Lokal Bone. Drs. H. Mansyur Harun, SH/YB8CMK selaku Kabid Organisasi Orari Daerah Sulawesi Selatan, Andi Muhammad Yauri, PhD/YB8AO, Pengurus Orari Daerah Sulawesi Selatan.





Hadir pula dalam kegiatan tersebut Andi Anzhari/YC8CAR, Kabid Orari Lokal Bone, Nurfadhillah Nur, S.Pd.,M.Pd/ Ketua DKC Bone, Para Pengurus dan Anggota Orari Lokal Bone serta Para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang telah mendaftar untuk mengikuti kegiatan Jota Joti Tahun 2024.


Dalam arahannya, Dr. H. A. Fahsar M. Padjalangi selaku Ketua Orari Lokal Bone menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bone bekerja sama dengan Orari Lokal Bone dalam melaksanakan kegiatan Pra Jota Joti.


Lebih lanjut diungkapkan bahwa Pra Jota Joti ini dilaksanakan agar para peserta Jota joti nantinya telah siap baik dalam mengetahui, memahami dan melaksanakan tata cara komunikasi menggunakan radio serta operating procedure yang biasa dilakukan selama Jota Joti berlangsung.





Beliau juga menyampaikan harapannya agar Kegiatan Jambore On The Air dan Jambore On The Internet/ Jota Joti ini menjadi kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bone bekerjasama dengan Orari Lokal Bone. Dan diharapkan kedepannya, Pelaksanaan Jota Joti ini tidak hanya terpusat di Kwartir Cabang Bone saja, tapi juga bisa dilaksanakan ditingkat Kwartir Ranting (Kecamatan) hingga ditingkat Gugus Depan di satuan pendidikan yang ada.


"Kedepannya Pengurus Orari Lokal Bona juga mempersiapkan kaderisasi dan pembinaan Amatir Radio khususnya bagi Para Pramuka baik itu Orang Dewasa, Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega sehingga mendapatkan lisensi/ izin untuk mengoperasikan dan berkomunikasi menggunakan radio" ungkap Dr. H. Andi Fahsar M. Padjalangi, M.Si selaku Ketua Orari Lokal Bone


Seperti diketahui Jambore On The Air dan Jambore On The Internet/ Jota Joti merupakan Pertemuan Para Pramuka baik di Indonesia maupun di dunia melalui Komunikasi menggunakan perangkat Radio dan Internet. Jota Joti Tahun 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 18 s.d 20 Oktober 2024. Jota Joti Tahun 2024 ini mengusung tema Scouts For A Greener World atau Pramuka untuk Dunia yang Lebih Hijau.


Untuk Kab. Bone sendiri, ada 3 (Tiga) Stasiun yang akan mengudara di kegiatan Jota Joti Tahun 2024 yakni Gerakan Pramuka Kwartir Cabanh Bone (YH8ALJ), Racana Al-Balad IAIN Bone (YH8ALJA) dan Gerakan Pramuka UPT SMAN 8 Bone (YH8ALJC).


Penulis : Kak Sakti


Tidak ada komentar