ads header

Breaking News

Orari Daerah Sulawesi Selatan Serahkan IARK Pelaksanaan Jota Joti Tahun 2024




wartapramuka.com | BONE, Izin Amatir Radio Khusus/IARK adalah Izin Amatir Radio yang diberikan untuk keperluan pengembangan dan eksperimen amatir radio, Dxpedition, Kontes Nasional dan Internasional, IOTA, EME, JOTA, Special Call, Club Station, Repeater, Beacon, Satelit, APRS/DPRS, Paket Radio, Dukungan Komunikasi Penanggulangan Bencana.


Izin Amatir Radio adalah hak untuk mendirikan, memiliki, mengoperasikan stasiun amatir radio dan menggunakan frekuensi radio pada alokasi yang telah ditentukan untuk radio amatir di Indonesia. IAR diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika.


Hal inilah yang disampaikan oleh Drs. H. Mansyur Harun, SH/ YB8CMK, Kepala Bidang Organisasi Orari Daerah Sulawesi Selatan saat memberikan sambutan pada kegiatan Rapat Koordinasi Orari Lokal Bone dan Pangkalan Gerakan Pramuka yang akan menyelenggarakan Jota Joti 2024.


Berdasarkan data di Direktorat Jenderal Standardisasi Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementrian Komunikasi dan Informasi ada 3 (Tiga) Stasiun Pelaksana kegiatan Jota di Kab. Bone yang telah terbit Izin Amatir Radio Khusus/IARK yakni: 1) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bone (YH8ALJ); 2) Gerakan Pramuka Racana Al-Balad IAIN Bone (YH8ALJA) Dan Gerakan Pramuka UPT SMAN 8 Bone (YJ8ALJC).


"Kami berharap pada kegiatan Jota Joti Tahun 2024, Para Pengurus dan Anggota Orari Lokal Bone dapat membantu adik-adik Pramuka khususnya dalam pelaksanaan Jota mulai dari Pra, pelaksanaan hingga evaluasi kegiatan. Khususnya dalam membimbing dan mengarahkan adik-adik Pramuka menggunakan dan berkomunikasi dengan menggunakan perangkat radio" Drs. H. Mansyur Harun, SH/ YB8CMK, Kepala Bidang Organisasi Orari Daerah Sulawesi Selatan.


Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan Izin Amatir Radio Khusus/IARK kepada Stasiun Pelaksana Jota Yakni Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bone yang diterima langsung oleh Dr. H. A. Fahsar M. Padjalangi selaku Ketua Kwarcab Bone dan UPT SMAN 8 Bone yang diterima langsung oleh Dra. Andi Sukmawati AZ, M.Si.


Hadir dalam kegiatan tersebut Andi Muhammad Yauri S., SS., M. Hum., Ph.D/YB8AO, Pengurus Orari Daerah Sulawesi Selatan. Selain itu, hadir pula dalam kegiatan tersebut, Basrol, S.Pd/Wakil Ketua Kwarcab Bidang Saka, Sako dan Gugus Darma, Dra. A. Sukmawati AZ, M.Si/ Ketua Mabigus UPT SMAN 8 Bone. Selain itu, hadir pula Andi Anshari/YC8CAR, Bidang Operasi dan Teknik Orari Lokal Bone, Pengurus Orari Lokal Bone, Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Cabang Bone, Anggota Orari Lokal Bone dan Para Penanggung Jawab Jota Joti Tahun 2024.


Jambore On The Air dan Jambore On The Internet (Jota Joti) Tahun 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 18 s.d 20 Oktober 2024. Tema yang diusung pada kegiatan Jota Joti Tahum 2024 ini adalah "Scouts for a Greener World" (Pramuka untuk Dunia Yang Lebih Hijau). Tema ini mendorong peserta untuk mengkampanyekan kesadaran lingkungan, menanamkan rasa tanggung jawab, dan menumbuhkan rasa persatuan dan kolaborasi global. 


Pewarta: Kak Sakti 



Tidak ada komentar