ads header

Breaking News

Latihan Rutin Pramuka SMPN 4 Minas: Pertajam Materi Peta Pita, Peta Perjalanan, dan Tanda Jejak

 


wartapramuka.com | MINAS, latihan rutin Pramuka Kamis, 10 Oktober 2024, Gudep 03.033-03.034 pangkalan SMPN 4 Minas menggelar latihan pramuka dengan materi khusus yang sangat menarik, yaitu tentang peta pita, peta perjalanan, dan tanda jejak. Kegiatan yang berlangsung dengan semangat tinggi ini disampaikan oleh Kak Mashadi, S.Pd, dengan tujuan memberikan pemahaman mendalam kepada para pramuka mengenai navigasi dalam kegiatan di alam bebas. Materi ini disampaikan kepada Pinru dan Wapinru masing-masing regu Putra dan Putri sebanyak 32 peserta.



Kak Mashadi menjelaskan pentingnya materi ini dalam pramuka. “Peta pita, peta perjalanan, dan tanda jejak merupakan keterampilan dasar yang sangat berguna dalam kegiatan di alam terbuka. Keterampilan ini tidak hanya melatih kemampuan orientasi, tetapi juga kerjasama tim dan ketelitian dalam mengikuti rute,” ujar Kak Mashadi,S.Pd Selain itu, materi ini memberikan pengalaman nyata dalam membaca dan memanfaatkan petunjuk yang ada di lapangan, sehingga siswa bisa lebih siap dalam menghadapi tantangan alam.





Manfaat dari materi ini pun disampaikan oleh Kamabigus SMPN 4 Minas kak Khalida Yunas, S.Pd Beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada para adik-adik pramuka yang dengan sungguh-sungguh menerima materi dan berharap keterampilan ini akan sangat membantu mereka di masa mendatang, terutama dalam kegiatan pramuka. “Latihan ini sangat penting sebagai bekal adik-adik pramuka dalam kegiatan diluar sekolah maupun untuk menghadapi Lomba Tingkat I (LT I) yang akan dilaksanakan pada akhir Oktober nanti,” ungkap Kamabigus.


Antusiasme siswa sangat terasa sepanjang latihan. Mereka dengan penuh semangat belajar memahami cara membaca tanda jejak, membuat peta perjalanan sederhana, dan menggunakan peta pita. Kegiatan yang berlangsung dalam suasana penuh kebersamaan ini diakhiri dengan ucapan terima kasih dari Kagudep putri, Kak Wennyfel,S.Pd.I kepada Kamabigus yang senantiasa mendukung kegiatan ekstrakurikuler pramuka di sekolah ini. "Terima kasih kepada Kamabigus atas fasilitas dan dukungan penuh untuk keberlangsungan kegiatan pramuka di SMPN 4 Minas," ujarnya.




Latihan ini menjadi bagian dari persiapan penting menghadapi LT 1 dan menunjukkan betapa besarnya minat serta semangat siswa SMPN 4 Minas dalam menggali ilmu pramuka yang bermanfaat.


Penulis : M.Afwan


Tidak ada komentar