ads header

Breaking News

Kwarran Way Jepara Lampung Timur Selenggarakan Peringatan Hari Pramuka Ke-63 Dengan Berbagai Kegiatan

 


wartapramuka.com | Way Jepara (14/08/2024), dalam rangka memperingati Hari Pramuka Ke-63 Tahun 2024 maka Kwartir Ranting Way Jepara menggelar berbagai kegiatan diantaranya Donor Darah,Bazar Siaga,Ziarah Tabur Bunga Makam Tokoh Pramuka dan Upacara Peringatan Hari Pramuka. Upacara dilaksanakan dilapangan Merdeka Braja Sakti oleh seluruh insan Pramuka di Kwarran Way Jepara.


Mengusung tema “Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI” peringatan hari Pramuka tahun ini merupakan peringatan yang ke 63. Adapun logo hari Pramuka Ke-63 tahun 2024 terdiri dari komponen-komponen tertentu. Angka 6 dan angka 3 mewakili angka ulang tahun Gerakan Pramuka yang telah hadir selama 63 tahun lamannya. Dalam logo tersebut terdapat logotype Pramuka dan tulisan tema “Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI”




Kak Drs. Junaedi Rahmad, M.H , Ketua Majelis Pembimbing Kwarran Way Jepara bertugas sebagai pembina upacara membacakan naskah sambutan mewakili ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso.


Dalam sambutan tersebut disampaikan bahwa Gerakan Pramuka telah berhasil menunjukkan eksistensinya dalam memperiapkan generasi muda dan selalu menjadi garda terdepan untuk membentuk anggota Pramuka berjiwa Pancasila serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan republic Indonesia.


“Pramuka menjadi wadah yang tepat sebagai alat untuk membentengi generasi muda dari aksi bullying kasus narkoba,pornografi, hingga budaya asing yang menggerus semangat gotong royong dan nasionalisme,”

“Dengan memberikan Pendidikan life skill,soft skill, hard skill yang dilengkapi dengan kecerdasan SESOSIF yaitu kecerdasan Spiritual,Emosional,Sosial,Intelektual, dan Fisik yang menjadi postur ideal Gerakan Pramuka mencetak seorang Pramuka sebagai generasi pembawa perubahan untuk bangsa Indonesia”.

Ditempat yang sama dilaksanakan juga kegiatan Bazar Siaga yang dibuka langsung oleh Kak. M.Hadi Rifai, S.Hum.,S.Pd.I selaku Ketua Kwarran Way Jepara menyampaikan sambutannya, Gerakan Pramuka sebagai Lembaga Pendidikan non-formal, saya berharap dapat menjadi garda terdepan dan contoh untuk menghindari dan men-stop perilaku perundungan atau bullying dilingkungan sekolah. Lebih lanjut Kak Hadi menyampaikan bahwa “ Gerakan Pramuka juga menjadi salah satu sarana membentuk generasi yang kreatif,pemberasi dan siap dalam semua tantangan.”




Hal senada juga disampaikan Ketua Panitia, Kak Makhrus Ali S.Pd.,MM, bahwa Bazar Siaga menjadi ajang berkreatifitas anak, karena didalamnya berisi lomba-lomba yang telah disiapkan oleh para pembina.

Kegiatan Bazar Siaga ini diikuti sebanyak 300 peserta yang berasal dari 13 Gugus Depan Kwarran Way Jepara dan diisi sebanyak delapan game atau permainan, pungkas Kak Mahrus.

Ditempat terpisah juga dilaksanakan kegiatan Ziarah tabur Bunga di makam tokoh Pramuka oleh para andalan ranting dan pembina Pramuka Kwarran Way Jepara. Rombongan dipimpin oleh Kak Imantoko,S.Kom selaku Wakil Ketua Bidang Binawasa, langsung menuju tiga lokasi TPU yakni TPU Desa Labuhan Ratu Dua, TPU Desa Labuhan Ratu Satu dan TPU Desa Braja Asri. 

Penulis  : Mustajab, Pusdatin Kwarcab Lampung Timur


Tidak ada komentar