ads header

Breaking News

GUDEP 03.033-03.034 PANGKALAN SMPN 4 MINAS BELAJAR DI MUSEUM BUDAYA DAN SEJARAH SIAK BALAIRUNG SRI

 



wartapramuka.com | Siak Sri Indrapura, 15 Agustus 2024 Belajar bukan hanya di ruang kelas, namun bisa dilakukan di mana saja. Seperti dilakukan adik-adik pramuka Gudep 03.033-03.034 pangkalan SMPN 4 Minas yang diwakili oleh adik pramuka dari kelas 8 yaitu Ameliandri dan Amanda Rahayu.

Untuk menghilangkan kejenuhan belajar di dalam kelas, para siswa diajak menggali pengetahuan dengan mengunjungi Museum Budaya dan Sejarah Siak Balairung Sri. Kunjungan  belajar itu dilakukan, Kamis (15/8/2024) siang



Kamabigus SMPN 4 Minas kak Khalida Yunas, S.Pd mengatakan, kunjungan ke museum itu merupakan agenda dari Dinas Pendidikan Kab.Siak. Tujuannya agar siswa tambah wawasannya dalam melihat dan mempelajari budaya, adat  dan peninggalan kerajaan Siak Sri Indrapura yang kita banggakan ini.

“Ini adalah kegiatan yang sangat bagus. Siswa bisa berwisata sambil belajar karena banyak sekali pengatahuan yang bisa diperoleh di museum ini,” kata kak Khalida.





Ditambahkan, pada kunjungan itu siswa di ajak keliling-keliling museum melihat benda-benda peninggalan kerajaan, serta menonton film dokumenter tentang kerajaan Siak.

“Tugas kita berikan ke siswa-siswi agar saat berkunjung ke museum, mereka betul-betul mempelajari apa yang ada di dalam museum. Tidak hanya bermain, namun tetap ada unsur edukasinya,” ucapnya.

Sementara, Kepala Museum Budaya dan Sejarah Siak Balairung Sri melalui Pengelola Museum, mengucapkan terimakasih atas kunjungan yang dilakukan oleh pangkalan SMPN 4 Minas beliau menuturkan, Museum mempunyai tugas sebagai tempat sarana penelitian, pendidikan dan rekreasi.





“Kami sangat mengapresiasi atas kunjungan adik-adik pramuka Gudep 03.033-03.034 pangkalan SMPN 4 Minas, semoga dengan kunjungan ini adik-adik bisa mengetahui sejarah dan mencintai budaya Siak dan nantinya bisa menjadi budayawan yang bisa menjaga dan melestarikanya,” ujarnya

Senada, kak Muhammad Al Afwan, S.Kom Kagudep Putra pangkalan SMPN 4 Minas, sekaligus guru pendamping mengatakan kegiatan kunjungan ke museum Budaya dan Sejarah Siak Balairung Sri sebagai sarana refresing siswa-siswi karena selama ini pembelajaran dilakukan hanya di dalam kelas.

“Kunjungan ke museum ini merupakan rangkaian dari pembelajaran tematik, dalam materi mengenal keanekaragaman budaya Indonesia, khususnya Siak Sri Indrapura selain itu juga siswa dapat melihat langsung dan meneliti peninggalan budaya Propinsi Riau ini termasuk kedalam warisan budaya Nasional,” Di akhir kegiatan para adik-adik pramuka diberikan bingkisan oleh pengelola museum berupa botol minuman dan tempat bekal nasi, tuturnya.(*)

Penulis  : M.Afwan


Tidak ada komentar